12 produk unggulan Polri dibutuhkan, tapi minim sosialisasi

Hal ini diketahui berdasarkan hasil survei yang digelar Cyrus Network dengan melibatkan 1.230 responden se-Indonesia.

Ilustrasi. Alinea.id/Oky Diaz

Cyrus Network menguji penilaian publik terhadap 12 produk unggulan milik Polri yang mencakup tilang elektronik (electronic traffic law enforcement/ETLE), SIM Online, saluran siaga (hotline) 110, SiberTV, PVP, Program Perumahan Polri, Polri TV/Radio, e-PPNS, Binmas System Online, Aplikasi Sentra Propam Presisi, Aplikasi Dumas Presisi, dan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP).

Dalam temuannya, Direktur Riset Cyrus Network Fadhli MR mengatakan, masyarakat menilai 12 produk unggulan tersebut dibutuhkan. Namun,masih banyak publik yang belum tahu, karena kurang sosialisasi.

“Dari 12 produk unggulan yang kami ujikan kepada publik, terdapat tiga produk unggulan yang dianggap paling dibutuhkan masyarakat. Sebesar 82,7% masyarakat menilai SIM Online diperlukan, 80,0% masyarakat menyatakan butuh hotline 110, dan 78,8% masyarakat mengaku membutuhkan produk ETLE," katanya dalam paparan hasil survei Cyrus Network, Senin (21/6).

Sementara untuk pengetahuan publik terhadap produk unggulan Polri, Fadhli menyebutkan, terdapat tiga produk unggulan yang paling banyak diketahui publik, yakni ETLE 45,4% responden, SIM Online 43,2% responden, dan sebanyak 24,6% responden mengaku familiar dengan hotline 110.

"Ini disebabkan oleh masifnya sosialisasi produk unggulan tersebut di media elektronik, media online, dan media sosial," ujarnya.