15.239 kendaraan nekat mudik dipaksa putar balik

Jumlah tersebut berasal dari tujuh Polda dari Lampung hingga Jawa Timur.

Sejumlah petugas gabungan dari Dishub Kota Bogor, TNI, dan Polri, memeriksa dan mengatur lalu lintas saat pelaksanaan PSBB di pos check point pintu keluar Tol Jagorawi, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/4/2020). Foto Antara/Arif Firmansyah

Lebih dari 15.000 kendaraan yang berupaya melakukan mudik di tengah pandemi Covid-19 dipaksa putar balik. Menurut Kepala Bagian Operasional Korlantas Polri Kombes Benyamin, jumlah tersebut terjadi selama enam hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2020, yang bertepatan dengan pelaksanaan larangan mudik yang ditetapkan pemerintah.

"Sebanyak 15.239 kendaraan yang sudah kami putar balik. Itu data di tujuh polda, Lampung hingga Jatim," kata Kombes Benyamin di Jakarta, Kamis (30/4).

Menurutnya, jumlah tersebut didominasi oleh mobil pribadi. Polri melakukan penyekatan di titik-titik check point untuk mengadang para pengendara yang nekat mudik.

Banyaknya check point yang tersebar di sejumlah titik, menjadi saringan berlapis yang membuat masyarakat akan kesulitan melakukan mudik. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah penularan virus corona.

"Kalau dia lolos di penyekatan pertama, mungkin akan kena di penyekatan kedua. Kalau lolos lagi, mungkin kena di penyekatan berikutnya," kata Benyamin.