150 ribu masker hingga tabung oksigen dikirim ke Papua Barat

Bantuan penanganan Covid-19 di Papua diterbangkan melalui pesawat Hercules TNI AU.

Ilustrasi tabung oksigen/Pixabay

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) kirim 150 ribu masker, 50 tabung oksigen, 50 oksigen konsentrator, 1.000 sarung tangan medis, 1.000 medical T-Well dan 10 ribu unit alat rapid test antigen ke Papua Barat.

Dukungan BNPB melalui Kedeputian Bidang Logistik dan Peralatan itu untuk membantu penanganan Covid-19 di wilayah tersebut.

"Rincian dari 150 ribu masker tersebut meliputi 30 ribu masker medis, 15 ribu masker KF 94, 50 ribu masker medis anak, 5 ribu masker kain INA dan 55 ribu masker kain anak," ujar Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dalam keterangannya, Selasa (3/8).

Masker hingga alat rapid test antigen tersebut akan diterima oleh Komando Daerah Militer (Kodam) XVIII/Kasuari untuk selanjutnya diambil oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Papua Barat dan didistribusikan ke berbagai wilayah kabupaten/kota.

"Diterbangkan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU dari Lanud Halim Perdanakusuma di Jakarta, Senin (2/7), dengan transit di Makassar dan dijadwalkan akan tiba di Papua Barat pada Selasa (3/7)," bebernya.