Kemenhub siapkan 30 bus listrik untuk mobilisasi delegasi G20

Satu unit di antaranya dijadwalkan selesai pembuatannya pada akhir pekan ini.

Bus listrik berukuran medium yang disiapkan Kemenhub untuk moblisasi delegasi KTT G20 di Bali. Dokumentasi Kemenhub

Pemerintah menyiapkan puluhan bus listrik Merah Putih (BLMP) ukuran medium untuk kelancaran mobilitas delegasi G20. Para delegasi disiapkan transportasi sejak datang di Bandara I Gusti Ngurah Rai hingga ke lokasi pertemuan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC). 

Kepala Humas Ditjen Perhubungan Darat, Pitra Setiawan, mengatakan, 9 bus dari total 30 bus yang disiapkan sudah berada di Bali sebelum acara puncak KTT G20. Adapun 10 bus lainnya masih dalam perjalanan.

"Satu unit lagi akan selesai akhir pekan ini," katanya dalam keterangannya, Sabtu (12/11). "Bus-bus ini tidak bisa diberangkatkan secara bersamaan karena produksi juga dilakukan bertahap."

Seluruh bus tersebut merupakan produksi nasional dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 76,98%. BLMP adalah hasil kolaborasi pengembangan kendaraan listrik BUMN dan konsorsium perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Airlangga (Unair), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar dan Institut Teknologi Surabaya (ITB).

"Bus sudah menjalani uji kelaikan jalan di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat. Semua kendaraan jenis apa pun diuji kelaikan jalannya di sana," tuturnya.