4 Negara siap bantu pesawat angkut di Palu dan Donggala

Setidaknya terdapat empat negara yang siap membantu penggunaan pesawat angkut untuk penanganan korban gempa di Palu dan Donggala.

Tim SAR TNI AU bersiap melakukan evakuasi korban luka-luka dan pengungsi gempa dan tsunami Palu-Donggala dengan menggunakan pesawat Hercules di Lanud Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (2/10). Sekitar 120 korban gempa dan tsunami Palu-Donggala dirujuk ke Makassar untuk mendapatkan perawatan dan lebih dari seribu warga yang selamat mengungsi ke Makassar. / Antara Foto

Setidaknya terdapat empat negara yang siap membantu penggunaan pesawat angkut untuk penanganan korban gempa di Palu dan Donggala.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan empat negara telah menawarkan bantuan pesawat angkut untuk menangani gempa dan tsunami Sulawesi Tengah.

"Empat negara yang menawarkan bantuan Hercules C130 adalah Singapura, Korea Selatan, Inggris dan Jepang," kata Sutopo dalam jumpa pers terkait penanganan gempa dan tsunami Sulawesi Tengah di Graha BNPB, Jakarta, Rabu (3/10).

Sutopo mengatakan Singapura, Korea Selatan dan Jepang masing-masing menawarkan bantuan dua pesawat Hercules C130, sedangkan Inggris menawarkan satu pesawat. Selain pesawat, Jepang juga menawarkan bantuan satu helikopter MI-17.

Menurut Sutopo, bantuan pesawat dari keempat negara tersebut dinilai sudah cukup karena juga harus mempertimbangkan kapasitas Bandara Sepinggan Balikpapan yang akan menjadi pintu masuk bantuan dari dunia internasional tersebut.