Apeksi ungkap 5 dimensi yang diperoleh pada Presidensi G20 Indonesia

Salah satunya destinasi wisata yang sangat banyak di Indonesia, dapat dikenal di seluruh negara dengan adanya G20 ini.

Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya. Foto Pemkot Bogor

G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). G20 merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Prancis, China, Turki, dan Uni Eropa.

Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya menyampaikan, terdapat lima dimensi yang diperoleh oleh Indonesia saat mengikuti G20 di berbagai bidangnya. 

“Saya mencatat ada lima dimensi G20, apabila dimaksimalkan oleh stakeholder,” kata Bima dalam acara yang bertajuk “#G20Updates: Merayakan Kepemimpinan di G20” oleh Kemkominfo TV secara daring, Selasa (18/10).

Pertama, isu-isu pariwisata. Ia mengatakan bahwa destinasi wisata yang sangat banyak di Indonesia dapat dikenal di seluruh negara dengan adanya G20 ini.

“Kesempatan emas untuk Indonesia untuk mengenalkan destinasi pariwisata. Saya kira 500 kota/kabupaten, harus berbenah dan bersiap-siap untuk mendapatkan spillover effect, efek limpahan bagi pertemuan G20. Ini momentum emas untuk mengenalkan destinasi wisata,” ucapnya.