701 pedagang pasar di Indonesia positif Covid-19

Dari total 701 kasus positif di pasar tradisional, jumlah yang meninggal sebanyak 32 orang.

Ilustrasi. Tes Covid-19. Pixabay.com

Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) melaporkan hingga Senin (22/6) pagi, kasus positif Covid-19 yang terjadi di pasar tradisional di Indonesia mencapai 701. Ini karena pada Minggu (21/6) kemarin ada penambahan kasus baru sebanyak 128 kasus, sementara total sebelumnya 573 kasus.

Ketua Sigap Covid-19 DPP IKAPPI Dimas Hermadiyansyah mengatakan, dari total 701 kasus positif di pasar tradisional, jumlah yang meninggal sebanyak 32 orang.

Bertambahnya kasus Covid-19 di pasar tradisional, kata dia,mestinya dapat menjadi perhatian bagi pemerintah daerah dan pengelola pasar guna menyetop mata rantai penyebaran Covid-19 di pasar tradisional.

Dia menjelaskan, selama ini hubungan komunikasi antara pemerintah daerah dengan pedagang pasar sangat minim. Padahal, selain membuat kebijakan, pemerintah daerah seharusnya melakukan dialog dengan pedagang di pasar.

Pasalnya, setiap kebijakan pemerintah akan berjalan secara efektif jika dilakukan secara bersama sama. Termasuk terbuka dengan saran dan masukan pedagang pasar sebelum membuat dan mengambil kebijakan.