Survei: 76,6% masyarakat puas dengan kebijakan pemulihan ekonomi

Penelitian dilakukan terhadap 1.225 responden.

Ilustrasi pemulihan ekonomi. Foto Pixabay.

Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) melakukan survei terhadap pemulihan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19. Hasilnya memaparkan sebesar 76,6% masyarakat puas atas usaha pemberian bantuan dari pemerintah.

"Angka diketahui dari temuan penelitian terhadap 1.225 responden, sebanyak 76,6 % yang puas, 18,7% tidak puas atas usaha pemulihan ekonomi nasional oleh pemerintah karena tidak ada dampak positif terhadap keadaan ekonomi rumah tangga masyarakat, dan 4,7% tidak menyatakan apa pun," kata Direktur Eksekutif LKPI Arifin Nur Cahyono dalam keterangan tertulis pada Sabtu (2/1).

Jajak pendapat tersebut juga menunjukkan 81,7% responden siap mengikuti program vaksinisasi Covid-19. Arifin mengatakan survei itu dilakukan sejak 20-27 Desember 2020.

"Penentuan sampel dilakukan melalui metode mix-mode karena riset berlangsung di era pandemi Covid-19 yang membatasi untuk melakukan wawancara tatap muka," lanjutnya.

Survei menggunakan petugas wawancara yang telah mengajukan pertanyaan dan mencatat jawaban dari responden. Dia menjelaskan, margin of error kurang lebih sebesar 2,8% dan dengan tingkat kepercayaan mencapai 95%.