Agus Gumiwang kunjungi Lombok, pemerintah telah salurkan Rp1 triliun

Agus Gumiwang menyerahkan bantuan tahap ketiga sebesar Rp3,5 miliar.

Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita saat mengunjungi korban gempa di Posko Pengungsian Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Sabtu (25/8)./Antara Foto

Setelah dilantik sebagai Menteri Sosial menggantikan Idrus Marham pada Jumat (24/8), Agus Gumiwang Kartasamita bertolak ke Pulau Lombok untuk meninjau langsung penanganan korban gempa. Hari ini, Agus terbang ke Pulau Sumbawa melanjutkan kunjungan kerjanya. 

Pada Sabtu (25/8) kemarin, Agus mengunjungi ratusan pengungsi di posko pengungsian kantor Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Agus menyerahkan bantuan peralatan dapur umum dan dana bantuan tahap ketiga sebesar Rp3,5 miliar, yang diterima oleh Kepala Dinas Sosial NTB Ahsanul Khalik.

Bantuan tersebut terdiri atas 10.000 paket kebutuhan pokok senilai Rp2,5 miliar, alat dapur 1.000 paket senilai Rp1,06 miliar, dan uang duka senilai Rp20 juta yang diterima oleh ahli waris dua relawan Palang Merah Indonesia yang meninggal dunia saat menjalankan tugas.

Agus juga dijadwalkan menyerahkan bantuan kepada para pengungsi di Pulau Sumbawa hari ini, Minggu (26/8). Setelah tiba di Bandara Sultan Mahmud Kaharuddin, Sumbawa Besar pukul 09.40 WITA, Agus dan rombongan menuju ke lokasi bencana di Kecamatan Alas.

Menurut Agus, pemerintah telah menyalurkan bantuan sosial kepada para korban gempa dengan jumlah total mencapai Rp1,25 triliun. Bantuan yang diberikan berupa logistik, santunan paket kebutuhan pokok beras reguler, peralatan dapur keluarga, bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan pangan nontunai. Selain itu, diberikan juga santunan ahli waris dan uang duka untuk relawan yang meninggal saat membantu korban gempa