Ahli: Vaksinasi pilihan utama pengendalian penyakit mulut dan kuku

I Wayan menyebut, pilihan utama dalam mengendalikan virus yang bersifat aerosol adalah dengan melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak.

Guru Besar Imunologi Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University, I Wayan Teguh Wibawan. Foto SS Youtube

Penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang menyebar secara masif masih jadi perhatian masyarakat luas. Pemerintah terus didorong oleh banyak pihak untuk melakukan pengendalian terhadap PMK.

Guru Besar Imunologi Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University, I Wayan Teguh Wibawan mengungkapkan, salah satu penyebab masifnya penularan virus PMK terkait dengan sifat dari penyakit ini yang menular lewat udara.

"Karena penyebaran ini bersifat aerogen (menyebar lewat udara), inilah salah satu juga yang menopang penyebaran virus PMK dengan sangat cepat," kata I Wayan dalam diskusi daring bertajuk "Virus PMK Mewabah Kembali Indonesia, Apa Yang Harus Kita Lakukan?" yang digelar oleh Pusat Kajian Pangan dan Advokasi (PATAKA), Jumat (1/7).

I Wayan menyebut, pilihan utama dalam mengendalikan virus yang bersifat aerosol adalah dengan melakukan vaksinasi terhadap hewan ternak.

"Karena virus ini menyebar melalui udara, vaksinasi menjadi pilihan utama dalam pengendalian, kemudian didukung tindakan lainnya yang dikemas dalam strategi pengendalian," ujarnya.