Polri pastikan tidak ada aksi massa di Papua

Telah terjadi kesepakatan dengan seluruh elemen masyarakat di Papua dan Papua barat untuk tidak ada lagi aksi turun ke jalan.

Sejumlah polisi membersihkan sisa kerusuhan di salah satu ruas jalan di Manokwari, Papua Barat, Selasa (20/8/2019). Kondisi Manokwari sudah kondusif dan warga mulai melakukan aktivitas di ruang publik meskipun dalam skala terbatas./Antara Foto

Pascakerusuhan yang terjadi pada awal pekan ini, situasi di Papua dan Papua Barat telah kondusif. Polri menyatakan pada hari ini, Rabu (21/8) sudah tidak ada lagi aksi massa di Papua dan Papua Barat. 

Kepala Biro Penerangan Masyrakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan situasi keamanan masyarakat kondusif dan masyarakat telah beraktivitas seperti biasa. 

Ini terjadi setelah adanya kesepakatan dengan seluruh elemen masyarakat di sejumlah daerah di Papua dan Papua Barat, bahwa hari ini sudah tidak akan ada aksi turun ke jalan.

Meski sudah dinyatakan kondusif, aparat keamanan masih akan melakukan penjagaan dan membantu membersihkan serta memulihkan fasilitas yang rusak. Jumlah personel tambahan dari Polda Bali pun dikirimkan untuk memulihkan situasi.

Rinciannya, di Manokwari 570 personel, Sorong 200 personel dengan tambahan dari Polda Bali 190.