Anggota TGPF Intan Jaya yang tertembak dievakuasi ke Jakarta

Gerombolan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) menembaki rombongan TGPF yang hendak melakukan investigasi.

Anggota TGPF Intan Jaya, atas nama Bambang Purwoko (dosen UGM), saat proses evakuasi ke Jakarta, Sabtu (9/10). Foto Humas TNI

Anggota Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Intan Jaya, Papua, yang terluka dalam aksi penembakan kepada rombongan tim investigasi telah dievakuasi ke Jakarta. Demikian kata Wakil Ketua TGPF Sugeng Purnomo.

“Anggota TGPF dan anggota TNI yang terluka dalam penyerangan kemarin sore telah kami evakuasi ke Jakarta untuk perawatan pengobatan lebih lanjut,” ujar Sugeng secara tertulis dari Jayapura, Sabtu (10/10).

Sugeng, yang juga Deputi bidang Hukum dan HAM Kementerian Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, menjelaskan dua korban dievakuasi menggunakan helikopter Caracal TNI AU dari Sugapa, Intan Jaya, jam tujuh pagi ke Timika.

Setelahnya, dilanjutkan dengan proses pemindahan ke pesawat Boeing TNI AU di bandara Timika. Kemudian pada pukul 08.22 WIT dengan pesawat TNI AU menuju Jakarta dengan rute Timika-Hasanuddin-Jakarta.

"Korban yang dievakusi adalah anggota TGPF Bambang Purwoko, merupakan dosen dan peneliti dari Universitas Gadjah Mada, yang berpengalaman meneliti di Papua dan pernah menjadi ketua Pokja Papua UGM," katanya.