Kakorlantas: Angka korban kecelakaan lebih tinggi ketimbang korban perang

Korban terus berjatuhan dengan berbagai macam sumber dan ada tiga sumber utamanya yaitu manusia, jalan, kendaraan.

Ilustrasi. Foto Antara.

Korps Lalu Lintas memaparkan data yang menunjukkan angka korban kecelakaan lalu lintas sangat tinggi. Lantaran, rendahnya kesadaran pengguna jalan dan juga tidak adanya pendidikan keselamatan lalu lintas sejak usia dini dari para orang tua.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, angka korban kecelakaan lebih tinggi ketimbang korban perang. Tidak hanya perang, ia bahkan membandingkan dengan korban yang diakibatkan oleh penyakit.

"Korban kecelakaan lalu lintas lebih banyak daripada korban akibat perang ataupun penyakit," kata Firman dalam keterangan, Rabu (15/6).

Firman menyampaikan, pandangan masyarakat dalam berlalu lintas seringkali remeh. Padahal, korban terus berjatuhan dengan berbagai macam sumber dan ada tiga sumber utamanya yaitu manusia, jalan, kendaraan.

"Masyarakat terkadang menganggap karena sudah biasa di jalan dari kecil begitu sudah punya kemampuan roda dua orang tuanya, kasih punya SIM atau tidak, yang penting dia sudah bisa sepertinya nggak perlu lagi belajar lalu lintas,” ujar Firman.