Ani Yudhoyono, putri dan istri prajurit yang penuh gagasan

Ani wafat meninggalkan SBY, dua anak dan menantu, serta empat orang cucu.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono didampingi putra mereka Agus Yudhoyono menikmati keindahan matahari terbit (sunrise) di Kaldera Bromo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Minggu (5/5)./ Antara Foto

Setelah beberapa bulan menjalani perawatan di National University Hospital Singapura, Kristiani Herrawati menghembuskan nafasnya yang terakhir pada Sabtu 1 Juni 2019. Ani Yudhoyono, demikian dia akrab disapa oleh khalayak, berpulang bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2019.

Indonesia kehilangan salah satu tokoh terbaik yang selama 10 tahun menjalankan tugas sebagai ibu negara. Seperti ditulis Antara, pada Februari 2019 mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan keterangan kepada masyarakat bahwa Ani Yudhoyono mengidap kanker darah. Kabar tersebut sontak mengagetkan banyak kalangan.

Betapa tidak, sepanjang 2018, Ani masih aktif bersama suaminya mengikuti tur Partai Demokrat ke sejumlah daerah dengan berbagai aktivitas yang melelahkan. Setahun sebelumnya, Ani mendampingi putra pertamanya, Agus Harimurti dalam pertarungan pilkada DKI Jakarta yang kemudian dimenangkan oleh pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Sejak Februari itu, Ani Yudhoyono kemudian berobat ke Singapura untuk menangani penyakit yang diidapnya. Namun takdir Tuhan menggariskan berbeda, satu bulan lima hari sebelum ulang tahun yang ke-67, Ani wafat meninggalkan SBY, dua anak dan menantu, serta empat orang cucu.

Ani dan gagasannya