Pemprov DKI gelontorkan Rp60 miliar bantu korban tsunami di Palu

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengirimkan santunan sebesar Rp60 miliar kepada korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan bantuan Rp60 miiar korban gempa dan tsunami di Donggala dan Palu, Antara Foto

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengirimkan bantuan sebesar Rp60 miliar untuk korban gempa dan tsunami di Donggala Palu, Sulawesi Tengah. Bantuan tersebut diberikan bersamaan dengan tim terlatih di bidang penyelamatan yang diberangkatkan dari Monumen Nasional atau Monas pada Senin, (1/10). 

"Selain langsung bantuan dari Pemprov (DKI) sebesar Rp 60 milyar untuk pembangunan kembali, khususnya untuk sekolah-sekolah dan fasilitas umum di Sulteng, kami kirimkan petugas terbaik kami ke sana," tulis Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melalui akun media sosial Instagram miliknya pada Senin, (1/10).

Anies berharap uang senilai Rp60 miliar tersebut bisa digunakan seoptimal mungkin untuk pembangunan infrastruktur akibat gempa dan tsunami. Meski Jakarta berjarak ribuan kilometer dari Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah, kata Anies, hati dan perasaan warga DKI Jakarta berada bersama dengan para korban di Sulawesi Tengah. 

" Bagaimana tak berduka menyaksikan rumah terkoyak. Jalan terpatah, bahkan lenyap diten bumi. Anak, ibu dan ayah dikuburkan massal. Seakan rumah kami di Jakarta yang bergetar karena gempa, seakan saudara kandung kami yang berpulang," ujar Anies. 

Lebih lanjut, gubernur yang dilantik pada 16 Oktober 2016 itu, juga mengirimkan 83 personel untuk membantu warga Sulteng. Para personel tersebut terdiri atas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta sebanyak 10 orang, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan 10 orang.