Anies minta warga menunda kembali ke Jakarta

Kehidupan normal baru untuk warga Jakarta akan dimulai pada 4 Juni 2020.

Petugas kepolisian mengarahkan kendaraan pribadi yang melintas di tol Jakarta-Cikampek untuk keluar melalui pintu tol Cikarang Barat 3, Jawa Barat, Kamis (21/5). Foto Antara/Nova Wahyudi/aww.

Arus masuk kendaraan ke Jakarta akan diperketat. Karena itu masyarakat yang telah melakukan perjalanan luar kota atau mudik agar menunda kembali ke ibu kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperkirakan pelaksanaan transisi kehidupan normal baru untuk warga ibu kota akan dimulai pada berakhirnya pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) atau 4 Juni 2020.

Hal itu diyakini lantaran melihat perkembangan penularan coronavirus yang terus menunjukan tren menurun setiap waktu.

"Penularan di Jakarta menurun, kemudian reproduction number angkanya sekarang di Jakarta sekitar 1. Jika bisa turun di bawah 1; maka sesudah 4 Juni 2020 kita sudah bisa melakukan transisi menuju normal baru," kata Anies di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (25/5).

Namun demikian, dia membuka peluang untuk menunda pelaksanaan masa transisi normal baru tersebut jika angka penularan Covid-19 mengalamai lonjakan. Menurutnya, pelaksanaan PSBB akan diperpanjang jika tren kasus positif terus mengalami kenaikan.