Anies segera menerapkan program City 4.0

Pada level City 4.0, masalah tidak hanya diserahkan begitu saja pada pemerintah, namun warga terlibat untuk menyelesaikannya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika memberikan sambutan pada malam resepsi ulang tahun DKI./Ayu Mumpuni

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku akan menerapkan program City 4.0 dalam mengembangkan Jakarta. 

“Saya ingin menyampaikan harapan kami dalam membangun kota ini. Kita akan membicarakan pendekatan yang biasa dikenal sebagai City 4.0,” katanya kepada wartawan, Jumat (22/6). 

Merealisasikan konsep City 4.0 diakuinya tidak mudah. Namun konsep itu merupakan pendekatan membangun hubungan antara pemerintahan dengan warganya. 

Seperti diketahui ada empat level interaksi pemerintah dengan warga. Level paling bawah atau disebut sebagai City 1.0, pemerintah berperan sebagai administrator dan warga sebagai residen. Level kedua atau City 2.0, pemerintah berperan sebagai pelayan dan warga sebagai customer.

Level ketiga atau City 3.0, pemerintah berperan sebagai fasilitator dan warga sebagai partisipan. Level ke empat atau City 4.0, pemerintah berperan sebagai penyedia platform dan warga sebagai co-creator. Pada level City 4.0, masalah tidak hanya diserahkan begitu saja pada pemerintah, namun warga terlibat untuk menyelesaikannya.