Kemenhub: Animo mudik meningkat, angkutan udara terbanyak

Kemenhub menyebut hari ini merupakan salah satu puncak mudik dan diprediksi akan meningkat dalam dua hari ke depan.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati. Foto Dephub.go.id.

Kementerian Perhubungan menyebut animo masyarakat yang melakukan mudik terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari H-7 pada Senin (25/4) atau hingga H-5 pada Rabu (27/4) kemarin, sebanyak 1.505.882 penumpang telah melakukan mudik menggunakan seluruh moda angkutan, baik darat, udara, laut dan penyeberangan.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, hari ini, Kamis (28/4) merupakan salah satu puncak mudik dan diprediksi akan meningkat dalam dua hari ke depan.

"Sekali lagi, kami melihat bahwa animo masyarakat untuk melakukan perjalanan terus mengalami peningkatan. Dan hari ini, Kamis, 28 April 2022 menjadi salah satu tanggal terjadinya puncak mobilitas masyarakat yang kami prediksi pada hari-hari selanjutnya yaitu tanggal 29 dan 30 April 2022," ujar Adita dalam konferensi pers daring, Kamis sore.

Menurut Adita, dari seluruh moda transportasi, dari H-7 hingga H-5, angkutan udara mencapai peningkatan tertinggi. Hingga Rabu kemarin, sebanyak 505.428 telah berangkat ke kampung halaman menggunakan pesawat.

"Bisa dilihat pergerakan penumpang kumulatif dari H-7 sampai H-5 Rabu kemarin, pergerakan udara mencapai peningkatan tertinggi," ujar dia.