Antisipasi arus balik, Polri siapkan rekayasa lalin dari one way hingga ganjil genap

Polri akan memberlakukan one way mulai dari 414 KM di Gerbang Tol Kalikangkung sampai 70 KM Gerbang Tol Cikatama.

Antisipasi arus balik, Polri siapkan rekayasa lalin dari one way hingga ganjil genap. Foto: Ist

Polri telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan kendaraan pada arus balik masa Idulfitri 1444 H. Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada hari ini (24/4) dan besok (25/4).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, persiapan itu dilakukan mengingat arus balik pada Lebaran 2023 merupakan yang tertinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya. Sehingga, perlu dilakukan langkah-langkah dan upaya untuk melakukan rekayasa lalu lintas guna mengurai kepadatan.

"Pemberlakuan langkah-langkah rekayasa mulai dari one way, contraflow, dan juga kemungkinan ganjil genap akan diberlakukan, agar beban jalan pada puncak arus balik ini bisa kita urai," kata Sigit dalam konferensi pers daring, dikutip Senin (24/4).

Sigit menuturkan, kepadatan kendaraan pada puncak arus balik mesti diurai agar tidak menyebabkan penumpukan di satu titik. Di sisi lain, Polri telah memperkirakan bahwa volume arus balik akan melampaui kapasitas badan jalan. 

"Apabila tidak (diurai) akan terjadi kondisi stuck, karena memang beban yang ada melampaui dari kapasitas baik yang di jalan tol maupun di jalur arteri," ujar Sigit.