Antisipasi banjir, DKI mulai bersihkan sampah di sungai

Pemerintah provinsi DKI Jakarta mulai membersihkan tumpukan sampah di sungai untuk mengantisipasi banjir di musim hujan.

Pemerintah provinsi DKI Jakarta mulai membersihkan tumpukan sampah di sungai untuk mengantisipasi banjir di musim hujan. / Facebook

Pemerintah provinsi DKI Jakarta mulai membersihkan tumpukan sampah di sungai untuk mengantisipasi banjir di musim hujan.

Di bawah koordinasi Gubernur Anies Baswedan, Pemprov DKI mulai membersihkan sampah di pintu air Manggarai sebagai langkah untuk mencegah banjir di Ibukota saat musim hujan.

"Sejak Sabtu (20/10) sampah di pintu air Manggarai semakin meningkat, apalagi sekarang sudah mulai memasuki musim hujan. Lebih dari 100 truk sudah angkut puluhan ton sampah," ujar Petugas Unit Pengelola Kebersihan Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Rohmat, Rabu (25/10).

Tampak di lokasi, berbagai macam jenis sampah dapat ditemui seperti ranting pohon, plastik, kayu yang berukuran besarn dan sampah rumah tangga lainnya. Proses pemindahan sampah dari pintu air Manggarai dilakukan dengan menggunakan alat berat sehingga memudahkan petugas untuk mengambil sampah.

"Sampah yang berada di aliran sungai berbagai macam jenis mulai dari kayu hingga plastik, kami mengerahkan alat berat untuk mempermudah mengangkut sampah dari pintu air Manggarai," kata Rohmat.