Antisipasi demo mahasiswa, meriam air disiapkan di depan istana

Satu unit kendaraan berikade polisi ini terparkir di perempatan Jalan Merdeka Utara dalam kondisi mesin menyala.

Sejumlah mahasiswa merusak mobil 'water canon' polisi saat kericuhan dalam unjuk rasa di depan kompleks Parlemen di Jakarta. Antara Foto

Satu unit water canon atau meriam air telah disiagakan di depan Istana Kepresidenan, tepatnya di samping pintu masuk Monumen Monas atau Monas hari ini. Water Canon disiapkan untuk mengantisipasi adanya aksi unjuk rasa yang akan dilakukan mahasiswa.  

Kendaraan berikade polisi ini terparkir di perempatan Jalan Merdeka Utara dalam kondisi mesin menyala. Menurut petugas penjaga keamanan dalam Monas, Cawang, kendaraan meriam air tersebut baru saja disiagakan di lokasi.

"Baru pagi tadi disiagakan, katanya akan ada demo mahasiswa," kata Cawang saat ditemui di pintu masuk Monas pada Senin (14/10).

Saat ini, arus lalu lintas di Jalan Merdeka Utara dan Merdeka Selatan terpantau ramai lancar. Belum ada tanda-tanda akan ada penutupan jalan di kedua jalan tersebut. Kendaraan masih dapat melintas di jalan yang ada di sekitar Istana Kepresidenan. 

Di Monas, sejumlah anggota Sabhara Polri telah bersiap-siap dengan melakukan apel pagi di dalam kawasan Monas. Sejumlah truk dan bus yang membawa anggota Polisi tersebut tampak masuk ke dalam kawasan Monas.