Api kilang minyak Cilacap berhasil dipadamkan, Pertamina cabut status darurat

Pertamina pastikan stok BBM aman, masyarakat jangan panic buying.

Proses pemadaman api di area Kilang Minyak Pertamina di Cilacap yang terbakar pada Sabtu (13/11/2021)/ Foto Dok Pertamina.

PT Pertamina (Persero) mencabut status darurat (emergency) pada Minggu (14/11/2021) pukul 09.15 WIB, setelah petugas berhasil memadamkan api secara menyeluruh di area Kilang Cilacap yang terbakar sekitar pukul 19.20 WIB kemarin.

Pertamina memastikan, selama terjadi kebakaran tangki, seluruh operasional Kilang Cilacap berjalan dengan normal seperti biasanya.

"Jadi tidak ada terganggu karena kita bisa melakukan penyekatan di tangki tersebut sehingga semua operasional tetap berjalan seperti biasanya," ujar CEO Subholding Refinery and Petrochemical Djoko Priyono di Gedung Graha Pertamina, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (14/11/2021).

Pertamina, jelas Djoko, melakukan cooling (pendinginan) di seputar tangki yang terbakar dan juga kita lakukan offensive fire fighting ke titik api di tangki tersebut.

"Dengan offensive fire fighting maka api dapat dikendalikan dan dapat dipadamkan secara total semuanya pada pukul 07.45 tadi pagi," jelasnya.