Arahan Jokowi: Pandemi belum selesai, PPKM tetap berlanjut

Menurut Jokowi, PPKM masih terus diterapkan meskipun kasus aktif harian Covid-19 di Tanah Air.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan kepada menteri dan kepala badan dalam sidang kabinet di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/4/2022). Foto: Twitter @jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajaran menteri untuk tetap kosentrasi pada masalah pandemi dan pemulihan ekonomi akibat gejolak ekonomi global. Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sejumlah arahan dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Merdeka, Senin (9/5). 

"Saya ingin kita semuanya tetap konsentrasi pada masalah yang berkaitan dengan pandemi dan juga yang berkaitan dengan gejolak ekonomi global yang sampai saat ini belum berhenti, belum selesai dan itu menimbulkan ketidakpastian pada ekonomi semua negara," kata Jokowi sebagaimana disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden.

Menurut Jokowi, pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) masih terus diterapkan meskipun kasus aktif harian Covid-19 di Tanah Air sudah menurun.

"Jadi tolong setelah ini disampaikan PPKM tetap berlanjut sampai betul-betul kita yakin bahwa Covid-19 ini 100% bisa kita kendalikan," ujar Kepala Negara.

Terkait kewaspadaan terhadap gejolak ekonomi global akibat perang Rusia dan Ukraina dan kebijakan moneter Amerika Serikat, Presiden Jokowi meminta agar pengelolaan ekonomi makro dan mikro diikuti secara detail, utamanya yang berkaitan dengan pangan dan energi.