Arus balik, Kemenhub sediakan tes antigen gratis di Jabar

Masyarakat dapat melanjutkan perjalanan jika hasil rapid test antigennya negatif.

Petugas ber-APD lengkap melakukan tes cepat antigen kepada pelaku perjalanan di Rest Area 97B, Kabupaten Purwakarta, Jabar, Sabtu (26/12/2020). Dokumentasi Pemprov Jabar

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan tes cepat (rapid test) antigen gratis bagi masyarakat, khususnya pengguna roda dua yang belum memiliki bukti bebas Covid-19, saat arus balik Lebaran. Fasilitas cuma-cuma ini diberikan bagi yang melintas di Unit Pelaksana Pengujian Kendaraan Bermotor (UPPKB) Balonggandu, Karawang, Jawa Barat (Jabar).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan memperketat pergerakan masyarakat yang akan melakukan perjalanan lintas wilayah. Pangkalnya, puncak arus balik diprediksi terjadi sejak kemarin (Sabtu, 15/5) hingga malam nanti (Minggu, 16/5).

"Sesuai arahan menteri perhubungan, hari ini kita akan memperketat pergerakan masyarakat yang akan kembali ke Jakarta. Pada prinsipnya, kami inginkan semua masyarakat yang akan ke Jakarta adalah masyarakat yang sehat. Untuk itu, semua pintu masuk Jakarta akan kita lakukan dengan rapid test antigen," katanya, kemarin.

Pelaksaan tes usap antigen gratis akan dilakukan di 11 posko di wilayah Jabar. Sarana prasana (sapras) itu didirikan atas sinergi antarinstansi, seperti Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Polri, TNI, dan Kemenhub).

"Ini random check karena setelah diinventarisasi ketersediaan alat rapid test dari Satgas Covid-19 maupun Kemenkes, (kit) harus dibagi agar merata. Walaupun dilakukan random sampling, namun kita harapkan dilakukan pemeriksaan terhadap mayoritasnya," tutur Budi.