Arus balik melonjak, Tol Cikampek dibuka satu arah ke Jakarta

Puncak arus balik yang diprediksi terjadi hari ini dan besok membuat ruas tol Cikampek hanya dibuka satu arah menuju Jakarta.

Sejumlah kendaraan melintasi jalur satu arah menuju Jakarta yang diberlakukan di tol Jakarta-Cikampek, di Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (19/6). Pihak kepolisian menerapkan sistem satu arah dari Tol Cipali hingga Cawang untuk mengurai kemacetan saat arus balik berlangsung. / Antara Foto

Puncak arus balik yang diprediksi terjadi hari ini dan besok membuat ruas tol Cikampek hanya dibuka satu arah menuju Jakarta.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk kembali memberlakukan rekayasa lalu lintas satu arah (one way) di Jalan Tol Jakarta-Cikampek sepanjang 44 kilometer, yang membentang dari Karawang Km 47 hingga kawasan Halim Km 3, Selasa sore (19/6).

"Lalu lintas arus balik Lebaran 2018 yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek mengalami peningkatan yang signifikan sejak Senin (18/6) hingga sore ini. Dilihat dari data volume lalu lintas yang melewati Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama," kata Senior Specialist Coorporate Jasa Marga Ira Susiyanti, dilansir Antara, Selasa (19/6).

Menurut dia, peningkatan volume lalu lintas arus balik pada Senin (18/6) di GT Cikarang Utama sebesar 116.104 kendaraan atau meningkat 63% dari volume lalu lintas harian normal yaitu 71.398 kendaraan.

"Lalu lintas yang melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai dengan H+2 diketahui 58% berasal dari jalur utara yakni GT Palimanan dan GT Cikampek, dan 42% berasal dari jalur selatan yaitu GT Cileunyi dan jalur tengah yakni GT Sadang," ujar Ira.