Banjir belum surut, Melawi waspadai hujan esok hari

Banjir di Melawi, Kalbar, terjadi sejak Senin (4/10). Salah satunya dipicu hujan deras.

Ilustrasi. Dokumentasi BPBD Aceh Singkil

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Melawi, Kalimantan Barat (Kalbar), mewaspadai potensi hujan ringan di wilayahnya pada Rabu (6/10). Pangkalnya, banjir, yang salah satunya imbas hujan deras, di beberapa desa sejak Senin (4/10) belum surut hingga sore tadi (Selasa, 5/10).

Wilayah Kecamatan Menukung pun berpeluang hujan ringan pada malam ini, sedangkan di Nanga Pinoh berawan. Namun demikian, terang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Melawi telah mengerahkan personel ke lokasi terdampak.

"Sebanyak 28 personel gabungan dari BPBD, TNI, Polri, dan Tagana melakukan upaya penanganan darurat di lokasi terdampak. Selain membawa peralatan dan logistik, tim gabungan menyiagakan dua unit tenda keluarga," ucap Kepala Pelaksana BPBD Melawi, Syafarudin.

Melansir situs web Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir di Melawi tersebar di dua kecamatan. Perinciannya, Desa Tanjung Sari, Nanga Pinoh serta Desa Sungai Sampuk dan Desa Lihai, Menukung.

Banjir di Melawai tersebut mengakibatkan masing-masing satu fasilitas pendidikan dan Pondok Pesantren (Ponpes) Nawaitun terendam banjir. Pun memaksa 93 warga mengungsi.