Banjir menjadi bencana paling banyak terjadi dalam seminggu terakhir

Selama periode ini, bencana banjir menyebabkan korban jiwa yaitu sebanyak lima jiwa meninggal dunia, satu jiwa hilang, dan empat jiwa luka.

Cuaca ekstrem yang ditandai dengan hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan banjir terjadi di sebagian besar wilayah Bali, Jumat (8/10/2022). Foto BNPB

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyampaikan terkait 70 bencana yang terjadi di wilyah Indonesia pada periode 3 hingga 9 Oktober 2022.

Ia menjelaskan dari 70 bencana itu, yang terbanyak adalah bencana banjir, disusul dengan tanah longsor, cuaca ekstrem, dan satu kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Dari 70 kejadian, 36 kejadian banjir, 18 longsor, dan 15 cuaca ekstrem. Distribusi dampaknya kejadian banjir dll 150.322 jiwa terdampak,” kata Abdul Muhari dalam acara yang bertajuk “Disaster Briefing: Waspada Kepungan Banjir, Longsor, dan Cuaca Ekstrem” oleh Youtube BNPB Indonesia secara daring, Senin (10/10).

Bencana banjir menjadi bencana yang paling banyak, karena didorong pengingkatan intensitas curah hujan. Selama periode ini, bencana banjir menyebabkan korban jiwa yaitu sebanyak lima jiwa meninggal dunia, satu jiwa hilang, dan empat jiwa luka-luka atau sakit.

Ia juga menambahkan saat ini masih ada delapan titik yang terendam banjir diwilayah Aceh Utara dan dominan di wilayah Pulau Jawa dan Sumatera. Khususnya di Sumatera bagian utara dan selatan serta di Jawa bagian selatan.