Banten siap gelar tes cepat Covid-19

Tes akan menyasar kelompok yang pernah kontak dengan pasien.

Petugas Dinkes Kabupaten Bogor menunjukkan hasil tes cepat pendektesian Covid-19 kepada orang dalam pengawasan di Jabar, Minggu (22/3/2020). Foto Antara/Yulius Satria Wijaya

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten segera melaksanakan tes cepat (rapid test) coronavirus anyar (Covid-19). Kegiatan bakal digelar di seluruh kabupaten/kota.

Langkah ini dilakukan setelah menerima bantuan 3.600 alat tes cepat dari pemerintah pusat. "Kami terima tadi. Kemarin (Rabu, 25/3) pagi," ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten, Ati Pramudji Hastuti, Kamis (26/3).

Semua alat sudah didistribusikan ke delapan daerah. Pun ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten, pusat rujukan penanganan Covid-19 di "Tanah Jawara".

Tes cepat akan menyasar orang-orang yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 dan tenaga medis. Macam orang dalam pemantauan (OPD), pasien dalam pengawasan (PDP), serta dokter dan perawat.

Pengetesan berdasarkan prioritas dilakukan, mengingat jumlah alat terbatas. Waktu pelaksanaannya diserahkan kepada Dinkes kabupaten/kota.