sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Banten siap gelar tes cepat Covid-19

Tes akan menyasar kelompok yang pernah kontak dengan pasien.

Khaerul Anwar
Khaerul Anwar Kamis, 26 Mar 2020 08:46 WIB
Banten siap gelar tes cepat Covid-19
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 240687
Dirawat 56889
Meninggal 9448
Sembuh 174350

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten segera melaksanakan tes cepat (rapid test) coronavirus anyar (Covid-19). Kegiatan bakal digelar di seluruh kabupaten/kota.

Langkah ini dilakukan setelah menerima bantuan 3.600 alat tes cepat dari pemerintah pusat. "Kami terima tadi. Kemarin (Rabu, 25/3) pagi," ucap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten, Ati Pramudji Hastuti, Kamis (26/3).

Semua alat sudah didistribusikan ke delapan daerah. Pun ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Banten, pusat rujukan penanganan Covid-19 di "Tanah Jawara".

Tes cepat akan menyasar orang-orang yang pernah kontak dengan pasien positif Covid-19 dan tenaga medis. Macam orang dalam pemantauan (OPD), pasien dalam pengawasan (PDP), serta dokter dan perawat.

Sponsored

Pengetesan berdasarkan prioritas dilakukan, mengingat jumlah alat terbatas. Waktu pelaksanaannya diserahkan kepada Dinkes kabupaten/kota. 

Ati menambahkan, pihaknya juga sudah menerima 5.000 set alat pelindung diri (APD) dari pusat. Perlengkapan bakal diberikan ke tenaga medis di RS rujukan hingga puskesmas.

Berita Lainnya