Bayi 1,9 tahun dan orang tuanya positif Covid-19

Saat ini bayi tersebut bersama kedua orang tuanya tengah menjalani perawatan intensif dalam proses karantina.

Seorang dokter berdiri di dalam salah satu ruang modular di Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putih, Jakarta, Senin (6/4/2020). Foto Antara/M Risyal Hidayat

Satu keluarga di Tidore Kepulauan, Maluku Utara, positif terinfeksi Covid-19, termasuk seorang bayi berusia 1,9 tahun. Saat ini bayi tersebut bersama kedua orang tuanya tengah menjalani perawatan intensif dalam proses karantina.

"Bayi tersebut awalnya mengalami pneumonia berat, namun sesuai hasil swab yang diterima tim gugus dari BBLK Makassar menyatakan bayi itu bersama kedua orang tuanya positif Covid-19," kata juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, dr Alwia Assagaf di Ternate, Maluku Utara, Senin (27/4).

Bayi tersebut menjadi kasus balita pertama terinfeksi corona di Maluku Utara. Awalnya, orang tua membawa bayi tersebut ke rumah sakit karena menderita demam tinggi. Sesuai prosedur, pihak rumah sakit melakukan penanganan sesuai protokol penanganan Covid-19.

Berdasarkan pemeriksaan, kedua orang tua bayi tersebut melakukan perjalanan Surabaya-Ternate pada 2 April 2020. Pada 15 April, sang ibu yang berusia 33 tahun menjalani rapid test dan dinyatakan reaktif. Begitu pula sang bayi dan ayahnya yang berusia 30 tahun.

"Bayi ini menjadi kasus positif Covid-19 pertama. Asal dari Kota Tidore Kepulauan dan sekarang ini bayi sedang menjalani perawatan," kata Alwia.