Begini cara identifikasi orang terkena coronavirus

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan ciri-ciri awal orang terdampak coronavirus, yakni batuk disertai demam.

Sejumlah wisatawan asal Singapura berjalan memasuki Pelabuhan Internasional Sekupang, Batam, Kepulauan Riau, Senin (27/1/2020). Foto Antara/M N Kanwa.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjelaskan cara mengidentifikasi orang yang terkena coronavirus. Terawan menuturkan ciri-ciri awal orang terdampak corona yakni batuk disertai demam. Selanjutnya, gejala tersebut juga dibarengi dengan sesak napas.

"Terlihat mulai dari gejala batuk, terus demam. Bukan hanya batuk dan demam saja, harus sesak napas," katanya usai konferensi pers di Jakarta, Senin (27/1).

Lebih lanjut, rekam jejak perjalanan pasien juga harus diketahui. Orang yang mengunjungi daerah yang terkena virus dan melakukan kontak langsung dengan pasien terinfeksi coronavirus positif juga harus diwaspadai.

"Jadi kalau tiga hal saja, tidak ada kontak dengan suspect, jangan sedikit-sedikit semua dikatakan virus corona dari Wuhan. Karena itu, yang paling penting adalah kejujuran," ujarnya. 

Untuk itu, katanya, perlu sikap kooperatif dari pasien dalam melakukan pemeriksaan agar dapat dilakukan langkah antisipasi sehingga virus tidak telanjur mewabah.