Benarkah pasien Covid-19 meninggal tularkan virus?

Virus bisa hidup dengan cara menumpang pada sel manusia.

Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD RS Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3)/Foto Antara/Hafidz Mubarak.

Pasien yang meninggal dunia dengan status positif Covid-19 tidak akan menularkan penyakitnya kepada orang lain. Pasalnya, setiap virus hanya bisa hidup dengan cara menumpang pada sel manusia.

"Maka, ketika pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 meninggal dunia, virus yang ada di dalam tubuhnya ikut mati," kata Koordinator Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, dr Joni Wahyuhadi saat konferensi pers di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Kamis (26/3).

Namun, sambung Joni, terhadap pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, terdapat pedoman khusus atau prosedur tetap (protap) untuk menanganinya, yaitu jenazah dimasukkan kantong plastik.

"Harus dimasukkan ke kantong plastik karena tidak boleh ada cairan keluar dari tubuh pasien Covid-19 yang meninggal dunia," ucap Direktur Utama RSUD dr Soetomo itu.

Pakar kesehatan ini memastikan plastik yang membungkus jenazah pasien juga telah disemprot disinfektan, setelah itu menurut pedoman tersebut diantar ke tempat peristirahatannya terakhir menggunakan ambulan.