Bertemu Menhan Korsel, Prabowo bahas kelanjutan proyek jet tempur KFX/IFX

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melakukan pertemuan dengan Menteri Pertahanan Korea Selatan.

Menteri Pertahanan Prabowo mengamati miniatur kapal perang pada pameran Industri Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (3/12)./ Antara Foto

Pemerintah Indonesia mempertimbangkan untuk melanjutkan lagi proyek bersama pembuatan pesawat tempur Korean Fighter Experimental/ Indonesian Fighter Experimental (KFX/IFX). Saat ini Kementerian Pertahanan tengah melakukan negosiasi dengan Korea Selatan terkait rencana tersebut.

"Masih dibicarakan, kita masih bernegoisasi terkait hal tersebut," kata Staf Khusus Menteri Pertahanan bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antar-Lembaga, Dahnil Anzar Simanjuntak, di Jakarta, Kamis (12/12).

Pembicaraan mengenai kelanjutan proyek pembuatan jet tempur generasi 4,5 tersebut dilakukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan Menteri Pertahanan Korea Selatan Jeong Kyeong-doo, di Kantor Kementerian Pertahanan hari ini. Pertemuan bilateral keduanya berlangsung selama tiga jam.

Dahnil mengatakan, salah satu poin penting yang menjadi pertimbangan ihwal kelanjutan proyek tersebut adalah soal anggaran. Hal ini pula yang sebelumnya membuat proyek KFX/IFX terhenti di tengah jalan.

"Pak Menhan masih bernegoisasi dengan melihat berbagai kemungkinan keputusan yang bisa diambil, termasuk terkait anggaran," kata Dahnil.