Biden minta warga AS pakai masker selama 100 hari

Biden akan keluarkan perintah kepada warga AS harus memakai masker saat di federal, transportasi antar negara bagian, pesawat, dan bus.

Presiden terpilih AS, Joe Biden (kanan) dan wakilnya, Kamala Harris. Twitter/@JoeBiden.

Presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Joe Biden meminta semua warganya untuk memakai masker selama 100 pertama pemerintahannya. Hal tersebut, untuk memutusa mata rantai penularan Covid-19.

Bahkan, Biden berencana, untuk mewajibkan warga AS mengenakan masker saat berada dalam gedung federal dan sarana transportasi antar negara bagian termasuk bus, pesawat, dan kereta api.

"Saya akan mengeluarkan perintah tetap bahwa masyarkat harus memakai masker saat berada dalam gedung federal, sarana transportasi, transportasi antar negara bagian, pesawat, bus, dan lain-lain," kata dia.

Maskapai AS, bandara, dan sebagian besar sistem transit transportasi publik sudah mewajibkan penumpangnya untuk menggunakan masker.

Dalam wawancaranya dengan CNN Biden berkata, "Hari pertama saya dilantik saya akan meminta publik selama 100 hari untuk mengenakan masker. Hanya 100 hari, tidak selamanya."