Bilang tak kenal, Kiai Asep pernah sampaikan data Haris pada Romahurmuziy

Kiai Asep mengaku tidak mengenal tersangka lain selain Haris Hasanuddin.

Tokoh PPP Jawa Timur Asep Saifuddin Chalim (tengah) seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Senin (25/3)./ Antara Foto

Tokoh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Jawa Timur Kiai Asep Saifuddin Chalim, membantah dirinya merekomendasikan tersangka Haris Hasanuddin untuk mengisi jabatan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Timur (Jatim). Akan tetapi, Asep mengakui bahwa Haris pernah mengaji di Pondok Pesantren Amanatul Ummah yang diasuhnya.

"Saya tidak menyangkal kalau Haris pernah mengaji di tempat saya, yang jelas kalau merekomendasi itu sangat salah," tutur Asep di Gedung KPK Merah Putih, Jakarta Selatan, Senin (25/3).

Selain Haris, Asep menampik dirinya mengenal dua tersangka lain dalam kasus ini. Dua orang lain yang ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik KPK dalam kasus ini, adalah mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi.

"Tidak kenal dengan para tersangka, kecuali dengan Haris," ujar Asep.

Meski begitu, ia mengaku sempat bertemu dengan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy (Rommy) saat ditemui sejumlah wartawan di kediamannya di jawa Timur, Jumat (22/3) lalu. Saat itu, Asep mengaku dirinya ditanya tentang sosok Haris oleh Rommy.