BIN prediksi puncak penyebaran Covid-19 Ramadan

Masa puncak coronavirus di Indonesia diprediksi jatuh pada bulan Mei.

Diskusi bertajuk Bersatu Melawan Corona, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (13/3)/Foto Alinea.id/Fadli Mubarok.

Puncak penyebaran coronavirus (Covid-19) secara luas (outbreak) di Indonesia diprediksi berlangsung pada Mei 2020, tepatnya Ramadan 1441 Hijriah.

Hal itu disampaikan Deputi V Badan Intelijen Negara (BIN) Bidang Intelijen Teknologi, Mayjen TNI Afini Boer.

Menurut Afini, perkiraan tersebut dihitung sejak 60-80 hari pasca-ditemukannya kasus perdana pasien positif Covid-19 pada 2 Maret 2020 di Tanah Air, berdasarkan simulasi BIN merujuk sejumlah kasus di negara-negara lain.

"Kita memperkirakan bahwa masa puncak di Indonesia itu akan berlaku 60 hari sampai 80 hari sejak infeksi pertama itu diumumkan tanggal 2 Maret. Jadi kalau kita hitung-hitung, masa puncak itu mungkin jatuhnya di bulan Mei. Berdasarkan permodelan ini, bulan puasa," kata Afini dalam diskusi bertajuk Bersatu Melawan Corona, di kawasan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Jumat (13/3).

Simulasi BIN tersebut berdasarkan permodelan yang dilakukan China dan beberapa negara Eropa. Di Negeri Tirai Bambu, puncak penyebaran Covid-19 ditetapkan 60 hari, sementara negara Eropa 130 hari.