BMKG: Bibit Siklon Tropis 97W terpantau di Laut Cina Selatan

Selain itu, BMKG mengonfirmasikan bahwa Siklon Tropis Rai juga terpantau berada di Samudera Pasifik Barat.

Ilustrasi. Pixabay

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca di Wilayah Indonesia untuk Rabu (15/12). Peringatan cuaca ini dirilis BMKG melalui laman Youtube Info BMKG.

BMKG menyampaikan, bibit Siklon Tropis 97W terpantau di Laut Cina Selatan sebelah Barat Laut Natuna. Hal itu membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin yang memanjang di Laut Cina Selatan hingga Laut Natuna serta dari Kalimantan Utara bagian Utara ,hingga perairan Utara Kalimantan.

Selain itu, BMKG mengonfirmasikan bahwa Siklon Tropis Rai juga terpantau berada di Samudera Pasifik Barat sebelah Utara Papua atau sekitar 960 km sebelah Utara Biak yang bergerak ke arah Barat hingga Barat laut, dengan kecepatan angin 27 km/jam bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Kemudian, BMKG memprediksi dalam waktu 24 jam ke depan intensitas Siklon Tropis Rai ini akan meningkat dengan kecapatan 130 km/jam bergerak ke arah barat hingga barat laut. 

Siklon Tropis Rai memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di wilayah Indonesia seperti terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diperkirakan terdapat di wilayah Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.