sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

BMKG: Bibit Siklon Tropis 97W terpantau di Laut Cina Selatan

Selain itu, BMKG mengonfirmasikan bahwa Siklon Tropis Rai juga terpantau berada di Samudera Pasifik Barat.

Natasya Maulidiawati
Natasya Maulidiawati Rabu, 15 Des 2021 08:52 WIB
BMKG: Bibit Siklon Tropis 97W terpantau di Laut Cina Selatan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca di Wilayah Indonesia untuk Rabu (15/12). Peringatan cuaca ini dirilis BMKG melalui laman Youtube Info BMKG.

BMKG menyampaikan, bibit Siklon Tropis 97W terpantau di Laut Cina Selatan sebelah Barat Laut Natuna. Hal itu membentuk daerah pertemuan atau perlambatan kecepatan angin yang memanjang di Laut Cina Selatan hingga Laut Natuna serta dari Kalimantan Utara bagian Utara ,hingga perairan Utara Kalimantan.

Selain itu, BMKG mengonfirmasikan bahwa Siklon Tropis Rai juga terpantau berada di Samudera Pasifik Barat sebelah Utara Papua atau sekitar 960 km sebelah Utara Biak yang bergerak ke arah Barat hingga Barat laut, dengan kecepatan angin 27 km/jam bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Kemudian, BMKG memprediksi dalam waktu 24 jam ke depan intensitas Siklon Tropis Rai ini akan meningkat dengan kecapatan 130 km/jam bergerak ke arah barat hingga barat laut. 

Siklon Tropis Rai memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di wilayah Indonesia seperti terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang diperkirakan terdapat di wilayah Sulawesi Utara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Serta, lanjut BMKG, adanya potensi angin kencang yang terdapat di wilayah Kepulauan Sangihe dan Talaud, Maluku Utara, Papua Barat bagian Utara dan Papua bagian utara.

BMKG juga memberikan peringatan bahwa terdapat peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia. Untuk itu, BMKG mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tetap waspada akan adanya potensi bencana alam yang terjadi di sekitar wilayah.

Melalui laman resminya, BMKG mengatakan, terdapat potensi hujan lebat yang disertai dengan kilat petir dan juga angin kencang yang diperkirakan terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung,  Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Sponsored

Sementara beberapa wilayah lainnya diperkirakan terdapat potensi hujan yang disertai dengan kilat petir dan angin kencang yang diperkirakan di wilayah Lampung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat dan Maluku.

Terakhir, BMKG mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia agar tetap waspada dan berhati-hati akan adanya perubahan cuaca yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

Berita Lainnya
×
tekid