BMKG imbau waspadai cuaca ekstrem April-Mei

Sebagian besar wilayah Indonesia mengalami periode peralihan musim

Warga terdampak banjir di Desa Layung Kecamatan Bubon, Aceh Barat, Aceh, Minggu (29/3/2020)/Foto Antara/Syifa Yulinnas.

Sebagian besar wilayah Indonesia saat ini masih mengalami periode peralihan musim atau pancaroba dari musim hujan ke musim kemarau.

Prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa awal musim kemarau di sebagian besar wilayah Indonesia terjadi mulai Mei 2020.

Prakiraan awal kemarau tersebut berdasarkan hasil analisis BMKG, bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil di wilayah Indonesia dapat terjadi beberapa hari ke depan, dan meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

"Kondisi tersebut dipicu oleh aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan sirkulasi siklonik di sekitar Laut Jawa bagian barat, serta di perairan utara Maluku dan Papua Barat yang membentuk daerah belokan dan pertemuan angin (konvergensi)," tulis BMKG dalam keterangannya, Selasa (28/4). 

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan intesitas lebat yang dapat disertai kilat atau petir berpotensi terjadi.