BNPB: Ratusan ribu jiwa terdampak Banjir Jabodetabek, 9 meninggal

Korban meninggal akibat banjir terbanyak berada di Kota Bekasi.

Petugas Basarnas mengevakuasi warga terdampak banjir di Desa Purwasari, Karawang, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020). Foto Antara/M Ibnu Chazar

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB mencatat sembilan orang meninggal akibat banjir yang terjadi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang atau Jabodetabek pada Selasa (25/2). Korban meninggal terbanyak terdapat di wilayah Bekasi.

"Korban banjir meninggal empat orang dari Kota Bekasi, tiga dari DKI Jakarta, dan dua dari Tangerang Selatan," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo di Jakarta, Kamis (27/2).

Dia menyebut, korban meninggal akibat banjir di Kota Bekasi adalah Muhammad Jamil, 10 tahun; Faizin, 51 tahun; Faisal Amri, 25 tahun; dan Muhammad Khairil Amri, 15 tahun.

Adapun Warga DKI Jakarta yang menjadi korban meninggal dunia adalah Sultan, 15 tahun; Asnati, 67 tahun, dan Agus Wijayanto, 15 tahun. Korban meninggal dunia di Tangerang Selatan adalah Desta, 12 tahun; dan Nazar.

Agus menjelaskan, terdapat 16.174 kepala keluarga atau 48.732 jiwa warga terdampak banjir di Kota Bekasi. Mereka tersebar di 47 kelurahan. Dari jumlah total warga terdampak, 1.476 jiwa di antaranya terpaksa meninggalkan rumah untuk mengungsi.