BNPT imbau masyarakat berhati-hati dalam berdonasi

BNPT mendorong masyarakat untuk mengirimkan bantuan ke lembaga resmi yang menjadi mitra pemerintah.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar usai menghadiri Rakornas dan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (2/8/2022). Alinea.id/Gempita Surya

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), mengingatkan masyarakat agar selalu berhati-hati dalam berdonasi melalui lembaga pengelola dana bantuan. Donasi masyarakat diharapkan tidak salah sasaran dan bernasib seperti yang terjadi dalam kasus ACT.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, pihaknya melakukan upaya komunikasi dan memberi masukan kepada seluruh pihak, termasuk lembaga-lembaga zakat dan aparat penegak hukum. Ia mendorong masyarakat untuk mengirimkan bantuan ke lembaga resmi yang menjadi mitra pemerintah.

"Lembaga-lembaga zakat yang tentunya kami harapkan adalah lembaga yang memang resmi menjadi mitra pemerintah. Itu adalah sesuatu yang tentunya kami dorong kepada masyarakat," kata Boy dalam keterangannya usai menghadiri Rakornas dan Deklarasi Kesiapsiagaan Nasional di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (2/8).

Boy menyebut, pihaknya mengoordinasikan hasil-hasil penyelidikan, baik dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), maupun dari BNPT, bersama aparat penegak hukum lainnya. Ia mengatakan, BNPT membuka ruang komunikasi terkait pengelolaan dana donasi masyarakat bersama pihak-pihak terkait.

"Bahkan kami men-sharing hal-hal mana yang patut diwaspadai, karena men-sharing informasi ini kan perlu dicocokkan dulu dengan lembaga-lembaga yang punya kompetensi," ujarnya.