BNPT rencanakan 298 aksi atasi teroris

298 rencana aksi pembangunan fisik dan non fisik akan dilakukan BNPT tahun ini.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar. Dok BNPT

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan, lembaganya bersama 46 Kementerian/Lembaga (K/L) yang tergabung dalam tim sinergisitas akan terus memperkuat aksi-aksi mengatasi dan menanggulangi terorisme. BNPT berencana melakukan 298 rencana aksi pembangunan fisik dan non fisik bersama 46 K/L tahun ini.

Hal itu disampaikan Boy dalam acara Penandatanganan Rencana Aksi K/L Tahun 2023 di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, Jumat (10/2). 

"Kita akan melakukan 298 rencana aksi penanggulangan terorisme bersama 46 K/L yang tergabung dalam tim sinergisitas dalam mewujudkan kehadiran negara di wilayah-wilayah yang rentan terpapar radikalisme terorisme," ujar Boy Rafli.

Menurut Boy, aksi penanggulangan terorisme yang dilakukan BNPT dengan tim sinergisitas selama ini mendapat respons positif dari penerima manfaat. Termasuk, perubahan pola pikir terhadap pemerintah yang dinilai sungguh-sungguh hadir dalam upaya penanggulangan terorisme.

"Mereka (penerima manfaat) positif dan senang kementerian dan lembaga memberikan perhatian, pada akirnya mereka merasakan konsep negara hadir, memperkokoh kecintaan masyarakat kita terhadap bangsa dan negara," ucapnya.