BPKP luncurkan aplikasi layanan informasi publik ramah disabilitas

Layanan ramah disabilitas yang diluncurkan BPKP bernama LARISA.

Peluncuran LARISA di Kantor BPKP, Dok Humas BPKP.

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) meluncurkan fitur aplikasi Layanan Informasi Publik bagi Penyandang Disabilitas Sensorik (LARISA). Peluncuran layanan tersebut bertujuan mempermudah penyandang disabilitas sensorik dalam mengakses informasi dari BPKP.

“Sebagai upaya layanan bagi penyandang disabilitas, BPKP membuat inovasi yaitu, LARISA BPKP, suatu layanan informasi publik bagi penyandang disabilitas sensorik. LARISA akan memudahkan teman netra, teman wicara dan teman tuli dalam memperoleh informasi dari BPKP,” kata Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh, dalam keterangan tertulis, Rabu (3/8).

Ateh mengungkapkan, BPKP berkolaborasi dengan balai yang membina penyandang disabilitas dalam penyusunan dan pengembangan LARISA. Ia yakin kolaborasi ini dapat memberikan masukan yang konstruktif bagi layanan tersebut, sehingga memudahkan masyarakat penyandang disabilitas.

“Inovasi ini tentu bukanlah sebuah akhir, melainkan proses yang senantiasa ditingkatkan secara berkelanjutan sesuai kebutuhan pengguna,” ujar Ateh.

Ateh menerangkan, mendapatkan informasi merupakan hak asasi setiap orang sebagai prasyarat demokrasi yang hakiki. Informasi jadi kebutuhan pokok untuk pengembangan diri dan sosial.