BPKP terjunkan auditor kawal program BLT BBM Subsidi

Pengawalan dan pengawasan yang dilakukan BPKP mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pendistribusian.

BPKP terjunkan auditor kawal program BLT BBM Subsidi. Foto alinea

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mempersiapkan para auditornya untuk mengawasi program Bantuan Langsung Tunai (BLT) kompensasi kenaikan BBM (bahan bakar minyak) bersubsidi.Program pengalihan subsidi dan kompensasi BBM menjadi BLT BBM dialokasikan sebesar Rp24,17 triliun.

Direktur Pengawasan Bidang Sosial dan Penanganan Bencana, Michael Rolandi mengatakan, pengawasan itu untuk mengawal program tersebut melalui diseminasi petunjuk teknis pengawasan. Pengawalan dan pengawasan yang dilakukan BPKP mulai dari tahap perencanaan sampai dengan pendistribusian.

“Pengawasan yang dilakukan BPKP untuk memastikan bahwa proses perencanaan sampai dengan penyaluran BLT-BBM telah dilakukan sesuai dengan prosedur,” katanya dalam keterangan, Jumat (23/9).

Michael menyebut, sasaran pengawasan BPKP selain dari sisi tata kelola, juga menyasar basis data penerima bantuan. Para penerima itu telah masuk ke dalam data DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) serta tiga ketepatan, yakni tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat jumlah.

Dirinya menambahkan, pengawasan terhadap BLT-BBM tidak hanya dilakukan BPKP Pusat melainkan juga melibatkan 34 Perwakilan BPKP.