Brimob evakuasi korban gempa Cianjur yang sempat terisolasi

Lantaran akses terputus, warga Kampung Barukaso, Kecamatan Cugenang, terpaksa tidur dengan mayat.

Personel Brimob Polri mengevakuasi korban gempa yang sempat terisolasi di Kampung Barukaso, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jabar, pada Rabu (23/11/2022). Dokumentasi Polri.

Brimob Polri Kampung Barukaso, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar), yang merupakan salah satu titik yang terisolasi akibat gempa bumi pada Senin (21/11). Lokasi  tersebut berhasil dimasuki dengan menggunakan jalur darat. 

Akibat terisolasi, Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo, mengatakan, masyarakat setempat terpaksa tidur dengan mayat. Namun, saat anggota Brimob tiba di lokasi, jenazah telah dimakamkan Rabu (23/11), sekitar pukul 14.00 WIB.

"Tim Brimob ini menggunakan kendaraan hanya setengah jalan, lalu lanjut jalan kaki karena lokasinya terisolir akibat jalan yang putus," ucap Dedi dalam keterangan resminya, Rabu (23/11). Banyak rumah yang runtuh dan telah rata dengan tanah di lokasi.

Dedi melanjutkan, Brimob yang dikerahkan kini mengevakuasi korban luka-luka dengan menggunakan tandu dengan jarak yang cukup jauh. Kemudian, dibawa mobil ambulans ke fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes). 

Hingga saat ini, jumlah korban yang meninggal dunia dan luka-luka masih dalam pendataan. Sementara itu, korban yang terluka mendapatkan pertolongan medis yang dibutuhkan.