Catatan akhir penanganan Covid-19, epidemiolog: Indonesia cukup baik!

Ada dua kunci sukses Indonesia mengendalikan pandemi. WHO secara resmi mengakhiri status darurat kesehatan global.

Ilustrasi Covid-19 di Indonesia. Alinea.id/Oky Diaz

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia secara keseluruhan masuk kategori cukup baik. Ada dua kunci sukses Indonesia mengendalikan pandemi.

Pertama, partisipasi terutama di masyarakat yang memiliki semangat gotong royong tinggi. Kedua, pembentukan imunitas masyarakat melalui program vaksinasi.

"Secara keseluruhan cukup baik respons terhadap pandemi, khususnya sebagai salah satu negara yang awal mengakses vaksin," kata Dicky, Rabu (10/5).

Setelah tiga tahun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi mengakhiri status darurat kesehatan global untuk Covid-19, Jumat, 5 Mei. Namun, WHO tetap mengingatkan jika pencabutan ini bukan berarti dunia sudah bebas dari serangan Covid-19.

Indonesia termasuk salah satu negara yang berjibaku melawan Covid-19. Pemerintah mengeluarkan beberapa kebijakan untuk melindungi masyarakat antara lain pembatasan mobilitas, kampanye disiplin protokol kesehatan, dan memberikan vaksinasi gratis.