Cegah Covid-19, masyarakat diharap adopsi Kampung Tangguh

Hingga kini vaksin Covid-19 belum ditemukan.

Anggota Fraksi DPRD Kota Malang, Suryadi (kedua kiri), memberikan arahan saat menyambangi Kampung Tangguh RW 09 Sawojajar, Kedungkandang, Kota Malang, Jatim. Dokumentasi pribadi

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), Suryadi, meminta masyarakat menerapkan Kampung Tangguh untuk meminimalisasi penyebaran coronavirus baru (Covid-19). Dicontohkannya dengan pelaksanaan di RW 09 Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang.

"Di Kampung Tangguh Sawojajar, tingkat keamanan, kesehatan, dan culture sosialnya kuat dan tangguh. Sehingga, perekonomian masyarakat bisa berjalan dengan aman," katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (7/7).

Di sana, imbuh dia, masyarakat bergotong royong menjaga lingkungan dan kesehatan anggotanya. Mereka saling mengingatkan tentang pelaksanaan pola hidup bersih dan sehat (PHBS), seperti pemakaian masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Ketertiban dan kedisiplinan menjadi kunci dalam menjalani hidup new normal karena vaksin Covid-19 belum ditemukan," jelasnya.

Guna meminimalisasi penyebaran SARS-CoV-2 di Kota Malang, Suryadi pun menggagas relawan Covid-19 Busters. Mereka akan bersinergi dengan masyarakat, salah satunya dengan RW 09 Sawojajar.