Cegah penyebaran Covid-19, PT KCI batasi operasional KRL

Pembatasan dilakukan dengan mengurangi jam operasional dan menambah headway antar-kereta.

Petugas memeriksa suhu tubuh calon penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/3/2020). Foto Antara/Arif Firmansyah

PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) membatasi jam operasional kereta rel listrik atau KRL di seluruh rute. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pencegahan penyebaran coronavirus, khususnya pada KRL Commuter Line.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, pihaknya telah melakukan upaya pencegahan dengan membersihkan kereta secara intensif dengan disinfektan, pengukuran suhu tubuh pengguna, penyediaan hand sanitizer, hingga penerapan jarak sosial di stasiun dan kereta.

"Mulai Senin 23 Maret 2020, upaya ini akan diperkuat dengan penyesuaian operasional KRL Commuter Line," kata Anne dalam keterangan tertulis yang diterima Alinea.id, Minggu (22/3).

Penyesuaian operasional KRL Commuter Line dilakukan melalui dua kebijakan. Berupa pembatasan jam operasional seluruh lintas atau rute KRL mulai pukul 06.00 hingga pukul 20.00 WIB saja. Terdapat total 713 perjalanan KRL yang akan beroperasi setiap hari.

Penyesuaian lain berupa jarak antar kereta atau headway pada sejumlah rute. Pertama, lintas Bogor/Depok-Jakarta Kota PP
headway pada pagi dan sore hari menjadi 10-15 menit.