Covid-19, anggaran pilkada diminta dialihkan untuk nelayan

Nelayan rentan terdampak penyebaran wabah coronavirus.

Pekerja perempuan menjemur ikan lemuru di Desa Tanjung, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Rabu (22/1/2020)/Foto Antara/Saiful Bahri.

Kalangan nelayan termasuk dari kelompok yang rentan dalam menghadapi penyebaran coronavirus disease 2019 atau Covid-19 di Tanah Air.

"Keluarga nelayan dan pelaku sektor perikanan rakyat lainnya kini menjadi kelompok yang paling rentan menghadapi persebaran Covid-19 di Indonesia," kata Sekjen Koalisi Rakyat Untuk Keadilan Perikanan (Kiara) Susan Herawati dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (2/4).

Untuk itu, dia berharap pemerintah segera memberikan perhatian kepada keluarga nelayan dan pelaku perikanan rakyat lainnya.

Pemerintah, sambung aktivis perikanan ini, wajib mengalokasikan dana perlindungan khusus untuk keluarga nelayan yang pendapatannya menurun akibat penyebaran wabah tersebut.

Bahkan, Susan mendesak pemerintah untuk menunda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 yang akan diselenggarakan di 270 daerah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.