New normal Covid-19: Antara buka sekolah atau menuju sistem pendidikan baru

Polemik pembukaan sekolah mengemuka seiring wacana new normal Covid-19. Apa risikonya?

Ilustrasi pembukaan sekolah. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Tahun ajaran baru 2020/2021 segera dimulai pada Juli 2020. Wacana membuka kembali sekolah di tengah pandemi SARS-CoV-2 penyebab Coronavirus disease 2019 (Covid-19) pun mengemuka. Wacana itu muncul seiring dengan rencana new normal atau kenormalan baru di beberapa wilayah di Indonesia.

Pemprov DKI Jakarta sudah memutuskan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi menuju new normal. Beberapa aktivitas sosial dan ekonomi pun perlahan dibuka kembali.

Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum berencana membuka sekolah selama masa PSBB transisi. Ia mengatakan, sekolah baru akan dibuka kalau PSBB transisi berhasil dilalui dengan mulus. Di sisi lain, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengemukakan, sekolah baru akan dibuka pada Januari 2021.

Siapkah sekolah dibuka?

Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hamid Muhammad mengaku, belum ada keputusan resmi dari pemerintah mengenai wacana pembukaan sekolah.